Bruce Lee Guru Tari hingga Seni Bela Diri

Bruce Lee Guru Tari hingga Seni Bela Diri

Fakta Menarik Bruce Lee, dari Guru Tari hingga Seni Bela Diri

Bruce Lee Guru Tari hingga Seni Bela Diri – Aktor bela diri asal china. Yang mendunia dan pelopor seni bela diri kungfu. karyanya tak kan di lupakan sepanjang masa. namun biarpun sang aktor sudah tiada kita masih bisa melihat aksi lihainya mempraktekkan seni bela diri di film-film.

Kiprahnya di dunia pertelevisian membesarkan namanya hingga kini. Sekalipun riwayat hidupnya sangat singkat yakni 32 tahun, tetapi keseriusannya dalam dunia bela diri khusunya kung fu telah membesarkan namanya.

Sederet film telah ia bintangi sepanjang tahun 1981 hingga 1966. Ia meninggal dunia di usia 32 tahun setelah sebelumnya mengalami koma. Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya seputar aktor legendaris Bruce Lee. Yuk intip apa saja faktanya!

Film pertama dibintanginya saat masih berusia 10 tahun bersama sang ayah

Debut film pertamanya terjadi saat ia berusia 10 tahun dengan judul film “The Kid”. Ia memerankan tokoh Kid Cheung yang merupakan seorang anak yatim yang suka berbuat onar. Sementara ayahnya juga bermain di film yang sama sebagai seorang pemilik pabrik yang ramah. Lee Hoi-chuen adalah ayahnya yang pada saat itu berprofesi sebagai penyanyi opera terkenal. Film itu meraup kesuksesan besar di China dan menjadi lonjakan karier bagi Bruce Lee.

Banyak bintang Hollywood yang dilatih oleh Bruce Lee 

Pemilik nama lengkap Bruce Jun Fan Lee ini telah banyak melatih aktor kenamaan Hollywood. Sederet nama terkenal telah berlatih seni bela diri dari seorang Bruce Lee. Seperti aktor Steve McQueen, Roman Polanski, James Garner, James Coburn dan lainnya. Lee menetapkan tarif yang cukup tinggi yakni 275 dolar AS per jamnya atau 1000 dolar AS untuk 10 kursus. Hingga sebelum kematiannya, mereka berteman dekat selama bertahun-tahun.

Lee Meninggal Dunia Usai dinyatakan Koma

Penyebab kematiannya masih menjadi tanda tanya hingga kini 

Banyak yang mengetahui bahwa Lee meninggal dunia usai dinyatakan koma setelah mengkonsumsi obat penghilang sakit kepala. Obat itu diberikan oleh seorang aktris, Betty Ting Pei dan Lee tidak pernah bangun setelah meminum obat itu. Pada 20 Juli 1973 ia dinyatakan meninggal akibat edema atau pembengkakan otak.

Meskipun saat itu banyak berita beredar yang mengatakan bahwa Lee memiliki alergi terhadap obat tersebut, tetapi tidak banyak yang percaya. Banyak yang mengaitkan terhadap prosedur pengangkatan kelenjar keringat yang pernah dijalaninya berpengaruh penting terhadap kematiannya.

Mulai dari guru tari hingga pelayan dijalaninya sebagai profesi 

Siapa sangka seorang Bruce Lee dulunya sempat menjadi seorang pelayan restauran dan loper koran. Ia melakukan pekerjaan tersebut sambil berlatih kung fu saat berada di Seattle. Lee juga sempat menjadi seorang guru tari cha-cha exquite. Jauh sebelum mengenal kung fu ia terlebih dahulu mahir melatih koreografi di lantai dansa. Ia menekuni tarian tersebut sejak berusia 14 tahun dan pada tahun 1958 ia memenangkan Crown Colony Cha-Cha Championship.

Itulah beberapa fakta dari sang legenda bela diri Bruce Lee, menarik bukan?

Comments are closed.