Buku Termahal dan Menjadi Salah Satu Karya Seni

Buku Termahal dan Menjadi Salah Satu Karya Seni

Buku Termahal di Dunia, Tak Hanya Bacaan tetapi Juga Karya Seni

Buku Termahal dan Menjadi Salah Satu Karya Seni – Berapa harga buku termahal yang pernah kamu beli? Rasanya tidak sampai jutaan ya, apalagi sampai miliaran rupiah. Tapi memangnya ada harga buku yang sampai miliaran? Buku adalah jendela dunia, begitulah slogan yang sering kita dengar.

Buku menjadi pembuka zaman untuk zaman setelahnya. Di antara buku tersebut terdapat buku yang berusia ratusan abad dan masih terpelihara hingga sekarang. Karena nilai tinggi yang terkandung di dalamnya membuat buku tersebut memiliki harga lebih mahal dari sebuah perpustakaan.

Seperti buku berikut, dibeli dengan harga mahal karena sejarah yang terkandung di dalamnya.

The Book of Mormon

The Book of Mormon dicetak oleh E.B. Grandin di Palmyra, New York. Manuskrip ini merupakan salinan dari Daftar S128 Joseph Smith yang merupakan pendiri Mormonisme pada tahun 1830. Harga dari kitab ini mencapai 35 juta dolar dan jika dihitung inflasi harganya 36, 3 juta dolar.

The Magna Carta

The Magna Carta disebut juga dengan Piagam Besar yang merupakan kumpulan 1215 dokumen. Buku ini merupakan sejarah penting karena berisi tentang prinsip orang tunduk pada hukum, bahkan raja dan menjamin hak-hak individu, hak atas keadilan dan hak, hak atas pengadilan yang adil. Buku ini dihargai sebesar 21,3 juta dollar pada tahun 2007 dan jika dihitung dengan inflasi maka harganya sekarang adalah 26,1 juta dollar.

The Bay Psalm Book

The Bay Psalm Book atau artinya Buku Bay Mazmur adalah buku yang berisi tentang teks suci yang dinyanyikan selama liturgi. Sebuah komite yang terdiri dari tiga puluh penatua yang terpelajar, termasuk John Cotton, Richard Mather, dan John Eliot. Buku ini dicetak pada tahun 1650 dan yang diketahui hanya ada 11 salinan. Salah satu salinan dibeli oleh seharga 14 juta dolar atau dihitung inflasi sebesar 15.46 juta dolar. Kini buku tersebut dipinjamkan pada perpustakaan.

Memiliki Nilai Sejarah, Sangat Artistik dan Juga Merupakan Buku Cetakan Lama

‘Birds of America’

‘Birds of America’ adalah kumpulan ilustrasi burung dan alam karya John James Audubon. Buku ini dicetak pada tahun 1827 dan 1838. Di mana berisi burung Amerika Utara dengan menggunakan 435 cat air dan ukuran yang sebenarnya. Buku yang memiliki set empat volume ini dihargai tinggi bahkan untuk salinannya.

Tahun 2000, buku ini terjual seharga 8,8 juta dolar sedangkan salinannya terjual 5 juta dolar pada tahun 2005. Untuk edisi lengkap terjual seharga 7,9 juta dolar pada tahun 2012 sedangkan salinannya pada tahun 2018 terjual 9,6 juta dollar. Jika dihitung dengan inflasi maka harga dari buku tersebut adalah 50,6 juta dolar.

The Canterbury Tales

‘The Canterbury Tales’ adalah buku yang berisi puisi panjang karya dari Geoffrey Chaucer pada tahun 1345 -1400. Buku yang kumpulan dari cerita peziarah ini memberikan wawasan kehidupan Inggris pada abad ke-14. Rencananya terdapat 100 cerita namun hanya selesai 24 cerita. Pada tahun 1988 buku ini terjual seharga 7,5 juta dolar atau 11,69 juta dolar setelah inflasi.

Semua buku tersebut tak hanya memiliki nilai sejarah tapi juga dibuat dengan karya seni. Buku tersebut kini tersimpan baik di perpustakaan ataupun dimiliki oleh miliarder dunia.

Comments are closed.