Karya Ornamen Ukir Para Artis Pemahat Dunia

Karya Ornamen Ukir Para Artis Pemahat Dunia

Karya Ornamen Ukir Para Artis Pemahat Dunia

Karya Ornamen Ukir Para Artis Pemahat Dunia – Bagi kamu yang suka dengan dengan karya seni, kamu pasti sering terkagum dengan seni ukir. Berbeda dengan seni yang lain, seni ukir mengolah objek permukaan menjadi berbagai bentuk 3 dimensi yang sangat indah. Tidak semua orang bisa membuat karya ukir lho.

Indonesia termasuk salah satu negara yang terkenal memiliki seniman ukir handal. Bukan tanpa alasan, sejarah seni ukir di negara ini memang sudah ada sejak zaman batu muda saat peradaban belum maju seperti sekarang ini.

Seni ukir juga bisa diaplikasikan ke berbagai macam benda yang digunakan sehari-hari seperti lemari, meja, hingga kursi. Seni ukir ini hingga saat ini masih diminati banyak orang.

Wolfgang Stiller – Matchstickmen

Seperti namanya, karya Matchstickmen dari Wolfgang Stiller, seorang seniman asal jerman ini menggunakan teknik pembakaran dalam karya indahnya. Ketika ia memamerkan karyanya yang berjudul burnout di Galeri Phyton kota Zurich, Swiss, Stiller menyuguhkan koleksi korek api raksasa dalam berbagai pose.

Stiller mendapatkan inspirasinya dari seseorang yang sedang bermain-main korek api lalu menjatuhkannya. Menurutnya, kotak korek api dapat menimbulkan kesan berbeda, tergantung bagaimana seseorang memaknainya. Kotak tersebut bisa jadi hanya sebuah kotak, namun kotak korek api juga bisa jadi peti mati.

Sergei Bobkov – Wood Chip Sculptures

Wood Chip Sculpture dari Sergei Bobkov hadir dengan detail yang kecil dan indah, membuat burung rajawali yang diukirnya seperti nyata. Seniman asal Rusia ini menggunakan teknik yang tidak biasa. Yaitu merendam kayu yang akan dipakainya untuk mengukir terlebih dahulu dari batang cedar selama beberapa hari.

Karyanya ini dihargai sangat mahal. Pernah ditawar seharga USD 17 ribu namun ia tolak karena ia bertekad untuk tidak menjual hasil karyanya.

Haroshi – Skateboard Art

Seniman Jepang Haroshi mentransformasikan hobi masa remajanya, skating, ke dalam karya seni yang sangat indah. Ia tidak pernah menempuh pendidikan seni formal. Namun hasratnya dalam bermain skate dan bakat besar yang dimiliknya membuat seniman ini mampu menciptakan karya yang kental akan budaya pop dengan warna-warna mencolok dan penuh gaya.

Haroshi mendaur ulang deck skaterboard yang sudah tua dan tidak terpakai menjadi lapisan karya seni bernilai tinggi. Variasi kontur setiap papan hanya membuat karyanya tampak semakin menarik dan luar biasa.

Paul Kaptein – And in the Endless Sounds There Came a Pause

Paul Kaptein, seorang seniman yang berbasis di Australia ini mengangkat tema waktu dan kekosongan dalam karyanya yang berjudul “And in the Endless Sounds There Came a Pause”. Karya ini diukir tangan di atas kayu jelutong dari Malaysia, dengan objek sosok bhiksu yang sedang melakukan meditasi, namun sosoknya terdistorsi oleh berbagai “kesalahan” kuat. Tampilan karya ini sungguh sangat menarik dan eksotis.

Makna dari karya ini sendiri adalah dua strategi yang mendistorsi aliran persepi temporal. Pada satu sisi, sang biksu duduk di luar arus waktu untuk bermeditasi, namun di sisi lain ia sedang memutar perjalanan hidup layaknya kaset di dalam kepala untuk mengendalikan waktu.

Comments are closed.