Ukiran Bali yang Eksotis dan Unik

Ukiran Bali yang Eksotis dan Unik

Ukiran Bali yang Eksotis dan Unik

Ukiran Bali yang Eksotis dan Unik, – Indonesia terkenal dengan seni ukir yang diminati hingga mancanegara. Bali menjadi salah satu daerah penghasil kayu ukir yang indah dan mempesona. Penasaran dengan karya seni khas Pulau Dewata itu? Yuk, simak rekomendasi berikut ini.

Tidak Hanya Terkenal dengan Kerajinan Perak, Kerajinan Ukir Bali Juga Banyak Diminati

Bali adalah surga bagi para turis, baik itu turis lokal maupun mancanegara. Tidak hanya memiliki pesona alam yang menawan, Bali punya sederet kerajinan yang sayang banget untuk dilewatkan. Kerajinan yang paling terkenal adalah kerajinan perak asal Desa Celuk.

Namun ternyata Bali punya kerajinan lain yang tidak kalah indah dan artistik, yaitu seni ukir patung. Popularitas seni ukir Bali semakin menanjak dengan banyaknya pesanan dari para peminat. Kini hampir setiap desa di Bali punya kerajinan ukir, terutama seni ukir kayu.

Tidak sembarang orang bisa membuat seni ukir ini lho. Hanya mereka yang ahli dan tekun dalam memahat yang bisa menghasilkan karya seni bernilai tinggi. Ukiran kayu ini nantinya dipergunakan untuk banyak hal, seperti ornamen penghias rumah hingga keperluan di pura atau merajan. Salah satu desa yang terkenal dengan kerajinan kayunya adalah Desa Mas di Kecamatan Ubud, Gianyar.

Serba-Serbi Ukiran Bali

Banyak Digunakan Sebagai Bagian dari Tempat Suci

Selain untuk suvenir para turis dan ornamen di rumah-rumah pribadi, fungsi lain dari seni ukir Bali adalah untuk diletakkan di tempat-tempat suci seperti pura. Seni ukir Bali membutuhkan proses pembuatan yang panjang dan rumit, sehingga hasilnya lebih detail dan nilainya juga tinggi.

Seni ukir Bali punya ciri khas tersendiri yang membuatnya mudah dikenali. Antara lain dari perpaduan motif bunga, buah, dan daun yang dibuat dengan bentuk cembung dan cekung yang indah. Setiap karya seni punya makna tersendiri, begitu pula dengan ukiran yang diletakkan di pura.

Beberapa pura-pura besar di Bali seperti Pura Desa, Pura Tirta, Pura Kahyangan Jagad, Pura Mrajapati, dan masih banyak lagi pura yang diperindah dengan seni ukir khas Bali.

Proses Pembuatan yang Khas

Ukiran kayu adalah seni tingkat tinggi yang hanya bisa dilakukan oleh orang berpengalaman. Diperkukan ilmu dan teknik khusus untuk menghasilkan ukiran yang indah dan khas.

Pengrajin kayu di Bali punya langkah-langkah khusus dalam membuat karyanya. Dalam membuat pola, misalnya, ada 7 tahapan yang harus dilalui. Pertama adalah memindai garis pada lukisan, kemudian mulai mencongkel bagian dasar agar lebih dalam, dilanjutkan dengan membentuk benangan, lekukan garis, hingga memberi sentuhan akhir agar ukiran terlihat halus dan rata.

Untuk membuat satu karya ukir, dibutuhkan waktu pembuatan hingga 1-4 bulan. Namun, jika media kayu yang digunakan cukup besar, misalnya mencapai tinggi 2 meter, dibutuhkan waktu pembuatang yang lebih lama lagi, yaitu sekitar 3-5 bulan. Setiap seniman memiliki ciri khas masing-masing pada karyanya dan membutuhkan rentang waktu yang berbeda-beda untuk mengerjakan karya mereka.

Menggunakan Kayu Jati, Moja Gaung, dan Kayu Cempaka

Apa yang membuat ukiran kayu khas Bali begitu mahal? Tentu selain pola dan motif yang rumit serta membutuhkan ketelitian tinggi, ukiran Bali terbuat dari kayu asli yang berkualitas. Sebut saja kayu jati, kayu cempaka, dan moja gaung.

Kayu-kayu tersebut didatangkan dari luar Bali seperti dari daerah Flores, Kalimantan, dan Sumba. Ini juga turut menambah biaya produksi ukiran tersebut. Seperti yang diketahui, kayu jati bisa menghasilkan motif ukiran yang sangat indah, namun juga cukup sulit untuk dipahat.

Yuk Berbelanja Ukiran Bali yang Khas Ini

  • Ukiran Kayu Bali Arjuna Sinta 3 Dimensi Antik
  • Dekorasi Rumah Tapakan Buddha Ukiran Kayu Oleh Oleh Khas Bali
  • Patung Naga, Dragon emas, ukiran kayu khas Bali
  • Boneka Pajangan Ukiran Kayu Bali
  • Hiasan Dinding Kayu Ukiran Bali Motif Rangkain Bunga 30cm
  • Papan Nama kayu Ukiran Bali
  • Topeng kayu motif ukiran bali rangda home accessories
  • Hiasan dinding kayu ukiran bali motif anggur diameter 25cm
  • Patung Kayu Ukiran Bali Rama Sita 2in1
  • Topeng Wajah Pengantin Bali Ukiran Kayu
Comments are closed.