Beda Fungsi dari Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu

Beda Fungsi dari Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu

Beda Fungsi dari Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu

Beda Fungsi dari Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu – Nama domain (domain name) adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet. Pada Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain juga dipakai untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Nama domain ini juga dikenal sebagai sebuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya “wikipedia.org”. Nama domain kadang-kadang disebut pula dengan istilah URL, atau alamat website.

Internet sangatlah luas. Ketika kamu berselancar bebas di dunia maya, kamu mungkin sering menemukan situs-situs dengan berbagai macam jenis. Tapi, sadarkah kamu kalau setiap website mempunyai domain yang berbeda-beda? Menurut Wikipedia, domain adalah nama unik dan berbeda yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer ataupun internet.

Domain terdiri dari IDNPoker Indonesia dua bagian, yaitu SLD (Second-Level Domain) dan TLD (Top-Level Domain). Sebagai contoh, idntimes.com. Nama “idntimes” berperan sebagai SLD, dan “.com” menjadi TLD.  Top-Level Domain sendiri terdiri dari berbagai jenis. Berikut adalah tipe-tipe TLD yang ternyata punya fungsi yang berbeda. Simak terus ya!

1. “.com”

TLD .com diambil dari singkatan commercial. Domain .com adalah jenis domain yang paling umum digunakan dan paling sering ditemukan juga.

Meskipun .com awalnya dibuat untuk digunakan oleh organisasi komersial, pembatasan ini tidak ketat. Dilansir dari domain.com, pada pertengahan 1990-an, .com telah menjadi jenis domain tingkat atas yang paling populer dan umum digunakan untuk bisnis, situs web, dan email.

2. “.net”

Beda Fungsi, 7 Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu

Domain .net merupakan singkatan untuk network. Jenis .net dibuat secara tegas untuk lembaga yang bergerak dalam bidang teknologi jaringan seperti penyedia layanan internet atau perusahaan infrastruktur.

Seperti halnya .com, pada awalnya pembatasan yang dimaksudkan untuk membatasi .net untuk keperluan jaringan. Namun, aturan itu tidak terlalu ditegaskan sehingga banyak juga yang menggunakannya dan menjadi tipe domain kedua terpopuler setelah .com.

3. “.edu”

Beda Fungsi, 7 Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu

Domain ini sering kamu temukan ketika mencari jurnal atau referensi untuk tugas sekolah. Tipe .edu merupakan singkatan untuk education atau pendidikan.

Biasanya .edu dibuat untuk institusi pendidikan atau semacamnya. Namun, untuk perguruan tinggi di Indonesia biasanya menggunakan .ac.id (academy).

4. “.org”

Beda Fungsi, 7 Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu

TLD .org sering menjadi domain untuk organisasi nonprofit. Seperti yang telah kita lihat dengan TLD lainnya, niat menjadi domain ini khusus menjadi domain organisasi sering kali tidak ditegaskan.

Saat ini, .org digunakan sebagai domain tingkat atas oleh organisasi nirlaba, bisnis nirlaba, sekolah, dan komunitas. Contoh dari domain ini adalah worldwildlife.org (WWF) dan Wikipedia.org.

5. “.mil”

Beda Fungsi, 7 Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu

Seperti yang sebelum-sebelumnya, singkatan domain biasanya diambil dari bidang situs itu. TLD .mil mengambil singkatan dari kata military yang berarti kemiliteran. Tidak seperti berbagai jenis domain TLD lainnya, pembatasan untuk .mil ini masih ditegakkan. Contoh domain ini adalah army.mil  (pasukan militer Amerika Serikat) dan tni.mil.id (situs resmi TNI).

6. “.gov”

Beda Fungsi, 7 Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu

Domain ini merupakan kependekan dari goverment atau pemerintah. TLD .gov sama halnya seperti .mil, dibatasi hanya untuk badan pemerintah federal dan penggunaan personel saja.

Saat ini, .gov digunakan oleh lembaga pemerintah, program, kota, negara bagian, kota, dan kabupaten. Contoh dari situs dengan domain .gov adalah wh.gov (White House) dan usa.gov (situs pemerintahan resmi Amerika Serikat). Untuk di Indonesia, situs resmi pemerintahan biasanya menggunakan .go.id.

7. “.info”

Beda Fungsi, 7 Tipe Domain Website yang Perlu Kamu Tahu

Nama domain .info adalah TLD yang berasal dari kata information atau informasi. Tipe .info memberitahu pengguna internet bahwa situs tersebut adalah sumber untuk informasi online yang andal, aman, dan dapat dipercaya. Namun, domain ini tidak terbatas dan mempunyai aturan khusus seperti .mil dan .gov.

Jadi, itulah beberapa jenis domain dan fungsinya masing-masing. Sekarang, kamu jadi tau kalo setiap situs mempunyai TLD yang berbeda. Apakah kamu tertarik untuk membuat situs website sendiri? Kalau iya, jangan lupa pilih TLD yang sesuai ya dengan kategori situsmu.

Comments are closed.