Fakta Takashi Murakami Sang Seniman Cerdas dengan Gaya Unik

Fakta Takashi Murakami Sang Seniman Cerdas dengan Gaya Unik

Fakta Takashi Murakami Sang Seniman Cerdas dengan Gaya Unik

Fakta Takashi Murakami Sang Seniman Cerdas dengan Gaya Unik – Takashi Murakami adalah seniman kontemporer Jepang. Ia bekerja di media seni rupa serta media komersial dan dikenal mengaburkan batas antara seni tinggi dan rendah.

Dia menciptakan istilah ” superflat “, yang menggambarkan karakteristik estetika dari tradisi seni Jepang dan sifat budaya dan masyarakat Jepang pascaperang , dan juga digunakan untuk gaya artistik Murakami dan seniman Jepang lainnya yang dia pengaruhi.

Takashi Murakami merupakan salah satu seniman kontemporer terkenal yang tak kalah dengan Kaws. Murakami sendiri terkenal dengan kolaborasinya bersama fashion ternama, hingga melibatkan sejumlah IDN Poker Open Card musisi ternama lainnya.

1. Menggabungkan antara anime dan seni Barat

5 Fakta Menarik Takashi Murakami, Seniman Cerdas dengan Gaya Unik

Takashi Murakami kerap mencampurkan ide-ide seni Jepang dengan seni Barat pada karnya. Pada tahun 2001, pria lulusan Universitas Tokyo ini meluncurkan karya Superflat. Karya ini terinspirasi oleh manga yang menjadi terkenal di Jepang usai Perang Dunia 2.

Kemudian pria berusia 57 tahun ini mengkombinasikan dengan karya miliknya yang cukup terkenal dengan warna-warna cerah. Hal ini menjadikan Murakami menjadi salah satu perupa yang terkenal.

2. Berkolaborasi bersama brand ternama, Louis Vuitton

Tidak hanya memilih medium canvas, Murakami telah berkolaborasi bersama brand fashion ternama. Salah satunya adalah Louis Vuitton, Takashi memiliki kerja sama dengan brand Perancis ini selama 13 tahun.

Dikutip dari ARTNews, hubungan kerja antara keduanya berhenti pada tahun 2015. Pasalnya, designer utama Louis Vuitton kala itu, Marc Jacobs tidak memiliki kontrak bersama Louis Vuitton. Jacobs merupakan orang yang mengajak Takashi Murakami untuk berkolaborasi bersama.

3. Kolaborasi bersama musisi ternama

Takashi Murakami juga berkesempatan bersama musisi ternama seperti Kanye West dan Billie Eilish.  Pria kelahiran 1962 ini, sempat mendesain album Kanye West pada tahun 2007, Graduation. Sedangkan pada tahun 2019, Takashi Murakami membuat musik video You Should See Me In A Crown oleh Billie Eilish dalam versi animasi.

4. Salah satu seniman yang diincar selain KAWS

5 Fakta Menarik Takashi Murakami, Seniman Cerdas dengan Gaya Unik

Selain KAWS, Takashi Murakami dan sejumlah perupa lainnya juga memproduksi figurine yang dapat dikoleksi. Memiliki design unik menjadi alasan utama para kolektor mengincar sejumlah mainan ini, seperti yang dikutip dari South China Morning Post.

Rasa ingin memiliki seni yang berharga menjadi salah satu alasan utama mengapa banyak orang mencari karya-karya Murakami lainnya.

5. Jellyfish Eyes merupakan film pertama Takashi Murakami

Takashi Murakami juga mencoba kekreatifan miliknya melalui film Jellyfish Eyes yang dirilis pada tahun 2013. Film ini menjadi debut pria asal Tokyo ini sebagai sutradara sekaligus penulis cerita sebuah film.

Jellyfish Eyes sendiri memiliki gabungan antara animasi dan orang asli menjadikannya film yang cukup unik. Menceritakan persahabatan, film ini juga dibintangi oleh sejumlah aktor Jepang seperti Masataka Kubota, Asuka Kurosawa dan Takumi Saitoh.

Itulah 5 hal yang harus kamu ketahui dari Takashi Murakami yang merupakan seorang seniman yang sangat kreatif dalam bidangnya. Tidak hanya terpaku oleh satu bidang, Takashi Murakami tetap bereksperimen dengan hal yang berani dan di luar batas.

Comments are closed.