Karya Seni Paling Fenomenal dalam Sejarah 

Karya Seni Paling Fenomenal dalam Sejarah 

Mengundang Decak Kagum, Karya Seni Paling Fenomenal dalam Sejarah

Karya Seni Paling Fenomenal dalam Sejarah – Melalui karya seni, para seniman dapat memperkenalkan sosok mereka ke publik dan mengomunikasikan apa yang di pikiran mereka. Meski begitu, seni bukan cuma punya mereka yang menggeluti bidang itu, tetapi juga mereka yang tertarik untuk menikmatinya.

Salah satu hal yang membuat suatu karya seni menjadi sangat fenomenal adalah Daftar Live22 teka-teki di balik karya tersebut, seperti adanya detail tersembunyi, pesan yang ingin disampaikan, hingga kisah di balik karya tersebut. Faktor-faktor tersebut jugalah yang membuat beberapa karya seni di bawah ini menjadi sangat fenomenal, bahkan hingga menarik banyak pengunjung yang ingin menyaksikannya secara langsung setiap hari.

The Starry Night, Vincent Van Gogh

The Starry Night merupakan lukisan Vincent Van Gogh yang paling populer. Mahakarya Van Gogh ini diciptakan oleh Van Gogh di rumah sakit jiwa di Saint-Remy, tempat ia memotong telinganya sendiri pada 1889.

Dilansir laman Time Out, The Starry Night mencerminkan suasana malam dan keadaan pikiran Van Gogh yang bergejolak pada saat itu, ketika langit malam menjadi hidup dengan pusaran dan bola-bola dari kuas yang diaplikasikan dengan cepat.

Guernica, Picasso

Guernica adalah sebuah bentuk protes politik yang dikemas dalam gaya kubisme yang berbeda oleh Picasso. Mahakarya ini merupakan daya tarik utama di Paris World Fair pada 1937.

Palet monokromatik berskala besar berwarna abu-abu, putih, dan hitam ini mewakili respons Picasso terhadap pengeboman yang kala itu terjadi di kota di Spanyol utara, Guernica. Lukisan tersebut memang tidak mudah diuraikan, tetapi tampak menggambarkan rasa sakit dan kesedihan yang dialami oleh sosok yang berbeda-beda.

Guernica juga sudah berkeliling dunia untuk meningkatkan kesadaran akan perang. Sayangnya, MOMA menahannya selama 19 tahun di New York sampai kebebasan sipil dan proses demokrasi dipulihkan di Spanyol.

Mona Lisa, Leonardo da Vinci

Mona Lisa yang juga dikenal sebagai La Giaconda, merupakan mahakarya Leonardo da Vinci yang paling terkenal di dunia saat ini dan paling banyak dikunjungi. Dilansir laman History List, lukisan ini diyakini merupakan gambaran dari istri saudagar kaya Florentine, Francesco di Bartolomeo del Giocondo. Sebagian orang juga meyakini bahwa lukisan tersebut adalah ibu dari Leonardo Da Vinci.

Lukisan ini menjadi sangat fenomenal karena kombinasi dari Mona Lisa dan latar belakang dalam lukisan tersebut. Mona Lisa juga merevolusi lukisan potret untuk seniman masa depan.

Pilihan pakaian Mona Lisa tidak modis, tetapi cenderung timeless. Selain itu, masih banyak teka-teki seputar Mona Lisa yang membuat mahakarya ini masih terus dibahas sampai sekarang. Seperti apakah tokoh Mona Lisa sedang hamil, arti tatapan matanya, siapakah sosok dalam lukisan ini sebenarnya, dan masih banyak lagi.

Prisoner, Michelangelo

Patung Prisoner mulanya dibuat oleh Michelangelo untuk makam Paus Julius II. Namun, sampai akhir hayatnya, patung ini tidak pernah selesai. Kendati demikian, menurut laman The Guardian, Michelangelo tidak meninggalkan karya seni yang belum selesai ini karena malas, melainkan dengan alasan estetika. Patung ini menggambarkan kondisi tragis dari para budak ketika harus berjuang untuk keluar dari batu mentah.

The Scream, Edvard Munch

Sama seperti Mona Lisa, The Scream adalah lukisan dengan tokoh manusia paling ikonik dalam sejarah seni Barat. Lukisan ekspresionis yang dibuat oleh Edvard Munch ini menggambarkan karakter, yang baru saja berjalan di sepanjang jembatan yang memanjang dari kiri lukisan ke latar depan.

Dalam lukisan tersebut, terdapat bentuk-bentuk energik melengkung dengan latar belakang dalam warna merah, biru, dan kuning. Dikutip dari laman History List, Munch mengatakan adegan dalam lukisan tersebut datang dari kecemasan dan kemurungan luar biasa yang dirinya alami. Saat berjalan-jalan dengan teman-temannya di suatu malam.

Lukisan ini memiliki reputasi yang terkenal karena pernah dicuri sebanyak dua kali. Dalam perampokan dramatis di Museum Munch dan memecahkan rekor sebagai lukisan paling mahal. Pada 2012, lukisan ini pernah dilelang dengan harga US$120 juta (Rp1,7 miliar).

Itulah beberapa karya seni paling fenomenal dalam sejarah. Untuk kamu yang menyukai seni, asah terus bakatmu. Karena siapa tahu karyamu jadi salah satu dari beberapa karya paling fenomenal seperti di atas.

Comments are closed.