Manfaat Bermain Piano untuk Kesehatan Kamu

Manfaat Bermain Piano untuk Kesehatan Kamu

Bisa Main Alat Musik? Ini Manfaat Bermain Piano untuk Kesehatan Kamu

Manfaat Bermain Piano untuk Kesehatan Kamu – Bermain alat musik instrumental ternyata dapat memberikan manfaat untuk tubuh dan juga pikiran. Tak peduli dengan usia dan tingkat kemahiran, bermain alat musik merupakan bentuk latihan kognitif. Belajar alat musik piano menjadi salah satu hal yang kadang dianggap sulit.

Namun, beberapa orang tua memilih untuk Daftar IDN Poker Via PC memberi anaknya untuk les piano. Karena belajar piano memiliki banyak manfaat. Bermain piano ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan. Apa saja? Berikut manfaat kesehatan jika bisa bermain piano.

Kinerja otak meningkat

Beberapa penelitian mengatakan bahwa musik itu membuat otak bekerja berbeda dengan kegiatan lainnya. Melansir dari peneliti Australia Anita Collins, ada beberapa area di otak yang akan ‘menyala’ saat kita bermain musik.

Dengan ‘menyala’-nya beberapa area, membuat otak kita bertambah kualitas konsentrasi, dan kesabaran kita. Berfaedah banget kan?

Meningkatkan aural awarness

Melansir dari pianoemporium.com, bermain piano melatih kamu untuk mengenal nada dan bunyi lainnya yang di hasilkan oleh piano. Lalu, jika ada nada yang tidak pas pasti akan terbiasa.

Aural Awareness adalah kemampuan seperti memiliki telinga yang peka terhadap musik. Jadi, dengan bermain piano aural awareness pada dirimu bisa meningkat kemampuannya. Tanpa bertanya, sudah bisa tahu itu nada apa.

Olahraga tangan

Bermain piano memang lebih banyak duduk. Hanya tangan kita yang bergerak. Dengan itu, tanpa disadari kamu sedang melakukan olahraga.

Karena piano mempunyai aturan tentang postur tubuh saat duduk, dan bermain dengan posisi tangan yang tepat akan membuat tanganmu lebih kuat. Kembali lagi juga pada efek musik pada jantung yang bantu mengatur detak jantung kita.

Jiwa lebih tenang

Bermain piano ternyata bisa membuat manusia lebih tenang. Sebuah penelitian menemukan bahwa bermain piano beberapa menit tiap harinya, bisa membuat kamu merasa lebih positif dan tekanan darah.

Melansir pianoplus.com, jika menyempatkan diri bermain piano di hari yang sibuk, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Piano memiliki desain untuk jadi cerminan perasaan dan emosi manusia.

Dapat lebih berkonsentrasi

Bermain piano juga membuat kemampuan koordinasi kita lebih baik. Karena bermain piano dibutuhkan koordinasi antara mata dan tangan. Tak hanya itu, bermain piano juga menggunakan kedua tangan, membaca partitur, dan mendengarkan lantunan musiknya. Banyak hal diselaraskan.

Dengan begitu juga, dapat membantu kamu berkonsentrasi lebih lagi. Karena banyak yang dilakukan secara bersamaan dibutuhkan konsentrasi lebih lagi. Apalagi, jangan sampai jari memencet tuts saat membaca not yang ada.

Dengan dapat berkoordinasi lebih baik, kemampuan untuk multitasking pun semakin baik. Seperti di poin sebelumnya, saat bermain piano banyak hal yang dilakukan, seperti multitasking.

Membantu untuk lebih percaya diri

Dalam belajar piano, memiliki tantangannya sendiri. Namun, tantangan tersebut dapat dinikmati. Seperti setiap orang ketika melewati tantangan, pasti akan merasa bangga.

Dengan melewati suatu tantangan di piano, dapat membuat kepercayaan diri kita meningkat. Penelitian tahun 2014 pada anak kelas 4 di Kanada, menunjukkan bahwa kepercayaan diri muridnya lebih meningkat setelah belajar piano. Jadi, jika merasa tidak pede, bermainlah piano.

Bisa menerima kritik dengan lebih baik

Ketika belajar bermain piano, akan cukup sering mendapatkan masukan positif dan kritik dari guru. Tidak banyak yang dapat bisa menerima kritik dengan baik. Namun, dalam bermain piano untuk menjadi lebih baik lagi, kamu harus bisa menerima kritik.

Selain itu, juga dapat mengajarkan untuk bisa belajar lagi dari masukan-masukan yang berefek pada aspek kehidupan lainnya, dilansir dari pianoemporium.com.

Dengan mengetahui manfaat dari bermain piano terhadap kesehatan, apakah kamu tertarik untuk belajar piano? Tidak ada kata terlambat untuk belajar piano untuk sehat dengan cara musikal.

Comments are closed.