Pesona Lukisan Wayang Cepot Curi Perhatian Dunia di Rusia

Pesona Lukisan Wayang Cepot Curi Perhatian Dunia di Rusia

Pesona Lukisan Wayang Cepot Curi Perhatian Dunia di Rusia

Pesona Lukisan Wayang Cepot Curi Perhatian Dunia di Rusia – Wayang adalah seni pertunjukkan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pertunjukan ini juga populer di beberapa daerah seperti Sumatra dan Semenanjung Malaya juga memiliki beberapa budaya wayang yang terpengaruh oleh kebudayaan Jawa dan Hindu.

Empat lukisan wayang karya Indonesianis muda Rusia berhasil mencuri perhatian pada pameran lukisan bertema “Cat Minyak dan Akrilik” yang digelar di Galeri Seni Want and Paint, Moskow, Rusia, selama 24 hingga 29 Agustus 2020. Empat karya seni tersebut merupakan karya Volodymyr Kyrychenko, pemuda asal Rusia yang sempat bermukim di Jakarta selama kuliah dan bekerja dua tahun.

Keempat lukian yang di pamerkan di beri judul “Wayang Golek: He Loves Her”, “Arjuna”, “Whisper”, dan “Cepot”. Masing-masing lukisan dengan ukuran sekitar 30×20 cm itu menampilkan keunikan tersendiri, melalui sapuan cat minyak di atas kanvas yang menampilkan Link Alternatif Club388 sosok tokoh wayang Rama dan Sinta, Arjuna, dan Cepot, dengan sapuan warna warni bernuansa batik.

1. Jatuh cinta terhadap wayang

Keren, Pesona Lukisan Wayang Cepot Curi Perhatian Dunia di Rusia

Seniman yang kerap disapa Vladimir Kiri itu jatuh cinta dengan wayang sejak pertama melihat wayang kulit di Museum Wayang, Jakarta. Dia mulai mengorek sejarah hingga makna di balik setiap tokoh wayang. Pengetahuannya terhadap wayang semakin tumbuh seiring minatnya mempelajari motif batik.

“Wayang memiliki karakteristik serta mencerminkan sejarah dan budaya Indonesia yang sangat kental dan beraneka ragam. Wayang merupakan representasi yang pas untuk mengenalkan Indonesia kepada orang asing,” ujar Vladimir.

Vladimir menambahkan, “Saya berharap melalui karya lukisan yang saya hasilkan ini, akan memberikan makna dan kesan tersendiri kepada khalayak di Rusia dan turut lebih memperkenalkan budaya Indonesia.”

Tidak tanggung-tanggung, kecintaanya terhadap budaya Indonesia membulatkan tekad Vladimir untuk mengunjungi Yogyakarta dan Pacitan dalam waktu dekat. Dia mengaku ingin mempelajari teknik penulisan Wayang Beber.

“Apabila saya semakin mendalami pengetahuan tentang wayang, tentunya saya akan lebih kreatif dalam berkreasi dan semakin mempromosikan Indonesia melalui berbagai lukisan bertema wayang karya saya”, ungkap dia.

2. Memperkenalkan seni dan budaya Indonesia di Rusia

Keren, Pesona Lukisan Wayang Cepot Curi Perhatian Dunia di Rusia

Wakil Duta Besar Republik Indonesia di Moskow Azis Nurwahyudi mengapresiasi Vladimir, atas karya seni yang ia buat. Azis senang lantaran wayang yang dipamerkan tampil paling menonjol hingga menjadi pusat perhatian pengunjung museum.

Mantan Direktur Diplomasi Publik, Kementerian Luar Negeri itu turut menyemangati Vladimir yang selalu bersanding dengan lukisannya, untuk menjelaskan kepada pengunjung tentang wayang hingga budaya Indonesia.

“Teruslah aktif berkarya dan berkreasi melalui lukisan bertema sangat Indonesia, seperti wayang dan batik ini. Sebagai generasi muda dan juga Indonesianis di Rusia, karya lukis yang unik seperti ini akan menjadi ciri khas tersendiri dari seorang Vladimir Kiri dan media efektif, untuk semakin memperkenalkan Indonesia di Rusia melalui karya seni,” kata Azis.

3. Sarana bagi warga Rusia untuk mengenal Indonesia

Keren, Pesona Lukisan Wayang Cepot Curi Perhatian Dunia di Rusia

Lukisan berjudul “Wayang Golek: He Loves Her” yang menampilkan sosok Rama dan Sinta dalam balutan kostum batik. Mendapat tempat khusus di hati para pengunjung. Lukisan itu memberikan nuansa yang elegan dan serasi. Serta penggambaran motif batik yang indah.

Beberapa pengunjung pameran menyatakan kekaguman bahwa sebuah lukisan mampu memberikan cerita sejarah dan budaya dari suatu negara.

Panitia pameran lukisan, Anastasia Zakharova, juga menyampaikan kekagumannya. Sebagai penikmat seni, dia mampu melihat betapa wayang memiliki hubungan yang kuat dengan Indonesia.

“Ketika saya menggantung lukisan wayang ini, saya langsung terpesona dan penasaran untuk mengetahui lebih lanjut. Cerita di balik sosok lukisan yang saya lihat,” kata Anastaia.

Comments are closed.