Seniman Ini Baru Dipuja dan Terkenal setelah Meninggal Dunia

Seniman Ini Baru Dipuja dan Terkenal setelah Meninggal Dunia

Seniman Ini Baru Dipuja dan Terkenal setelah Meninggal Dunia

Seniman Ini Baru Dipuja dan Terkenal setelah Meninggal Dunia – Seniman adalah istilah subyektif yang merujuk kepada seseorang yang kreatif, inovatif, atau mahir dalam bidang seni. Penggunaan yang paling kerap adalah untuk menyebut orang-orang yang menciptakan karya seni, seperti lukisan, patung, seni peran, seni tari, sastra, film dan musik.

Ketenaran adalah hal yang sulit di pahami, ia bisa datang kepada siapa saja, kapan saja, lalu pergi kapan saja. Tapi yang paling sulit di pahami adalah, ketenaran justru datang dengan penuh percaya diri setelah tokoh yang di maksud meninggal dunia.

Hal ini berlaku pula bagi para seniman. Ada beberapa IDNPoker Indonesia nama seniman yang saat ini dipuja-puja, bahkan karyanya masuk dalam daftar karya yang paling mahal, namun kehidupan mereka dulu justru jauh dari ketenaran. Alih-alih menjual karya berharga mahal, karya mereka sebagian besar tidak di lirik bahkan banyak di kritik.

1. Vincent Van Gogh

5 Seniman Ini Baru Dipuja dan Terkenal setelah Meninggal Dunia

Saat ini, siapa yang tak kenal Vincent Van Gogh? Van Gogh merupakan seniman yang terkenal di seluruh dunia. Tapi, ketenaran ini justru baru di dapatkan saat dirinya telah meninggal dunia. Semasa hidupnya, ia merupakan pelukis yang produktif dan telah menghasilkan 900 lukisan selama hidupnya. Tetapi, ia hanya bisa menjual satu lukisan seumur hidupnya.

Vincent van Gogh lahir di Belanda, ia adalah pelukis post-impresionis. Selama hidupnya, lukisannya sering di kritik karena dinilai terlalu gelap dan kurang berenergi. Van Gogh juga harus berjuang dengan penyakit mental hingga akhirnya ia meninggal pada usia 37 tahun karena menembak dirinya sendiri.

Setelah kematiannya pada tahun 1890, saudara iparnya berusaha melestarikan karya Van Gogh agar bisa di hargai di kemudian hari. Akhirnya, banyak lukisan Van Gogh yang masuk dalam daftar lukisan termahal dan sangat berpengaruh dalam dunia seni.

Salah satu lukisannya yang di hargai paling mahal berjudul Portrait of Dr. Gachet yang terjual pada tahun 1990 seharga $82,5 juta (Rp1,157 triliun) atau jika di sesuaikan dengan inflasi saat ini, harganya sekitar $148,6 juta (Rp2,08 triliun) yang menjadikannya lukisan termahal keenam yang terjual pada saat itu.

2. Paul Cézanne

5 Seniman Ini Baru Dipuja dan Terkenal setelah Meninggal Dunia

Cézanne di sebut-sebut sebagai jembatan penting antara seni impresionis abad ke-19 dan Kubisme abad ke-20. Sebenarnya, banyak seniman muda nan berbakat menghormati Cézanne selama hidupnya, seperti Picasso dan Matisse. Akan tetapi, karyanya secara konsisten di tolak oleh Salon resmi di Paris dan di olok-olok oleh kritikus seni.

Setahun berselang setelah kematian Cézanne pada tahun 1906, karya seni Cézanne di beri eksposur yang layak ia dapatkan dalam retrospektif di Salon d’Automne.

3. Johannes Vermeer

5 Seniman Ini Baru Dipuja dan Terkenal setelah Meninggal Dunia

Johannes Vermeer merupakan seniman Belanda abad ke-17 yang terkenal karena lukisannya tentang adegan domestik kehidupan kelas menengah. Beliau sebenarnya adalah pelukis lokal yang cukup sukses dalam hidupnya, tetapi di luar kota Delft, dia tidak begitu di kenal, dan tidak pernah hidup kaya. Ia memiliki 11 anak dan bekerja sebagai pedagang seni, pemilik penginapan, dan pelukis, namun penghasilannya masih tidak cukup untuk menghidupi keluarganya. Bahkan, istrinya mengaitkan kematian Vermeer dengan tekanan finansial.

Setelah kematiannya, nama Vermeer dengan cepat memudar dan di hilangkan dari survei seni Belanda selama berabad-abad. Hingga kemudian penemuan cache lukisan yang di kaitkan dengannya pada abad ke-19. Dia sekarang di kenal sebagai salah satu ahli seni lukis Belanda; pada tahun 2004, lukisannya yang berjudul Young Woman Seated at the Virginal, di jual di pelelangan seharga $30 juta (Rp420,63 miliar).

4. Henri Toulouse Lautrec

5 Seniman Ini Baru Dipuja dan Terkenal setelah Meninggal Dunia

Henri Toulouse Lautrec merupakan pelukis yang karyanya kurang di hargai selama hidupnya. Ini di mungkinkan karena gaya lukisan Lautrec yang di anggap tidak biasa atau pokok bahasannya yang kurang terhormat.

Tema lukisan Lautrec berputar di sekitar dunia pelacuran, pelacur, dan penari cancan yang mencolok di Paris abad ke-19. Baru setelah kematiannya pada tahun 1901, ibu Toulouse Lautrec mulai mempromosikan seninya dan karyanya mulai mendapat apresiasi.

5. Henry David Thoreau

5 Seniman Ini Baru Dipuja dan Terkenal setelah Meninggal Dunia

Meskipun bukunya yang berjudul Walden membawa penulis, penyair, dan filsuf Amerika, Henry David Thoreau, sedikit sukses. Tapi tulisan-tulisan politiknya berdampak kecil selama hidupnya. Thoreau bahkan harus mencari nafkah dengan bekerja di pabrik pensil, mengajar, dan menerbitkan esai di surat kabar dan jurnal.

Selama hidupnya, Thoreau bukan termasuk seniman yang fenomenal dan dia tidak pernah menghasilkan banyak uang. Tetapi sekitar tiga dekade setelah kematiannya, Henry Stephens Salt menulis biografi tentang Thoreau yang membuatnya mendapatkan ketenaran anumerta yang luar biasa.

Tulisan politik Thoreau kemudian mendapatkan perhatian dan memengaruhi para pemimpin dunia, sebut saja Mohandas Gandhi, John F.Kennedy, Martin Luther King Jr., William O. Douglas, dan Leo Tolstoy, serta banyak seniman dunia lainnya.

Sungguh sulit di percaya rasanya bahwa banyak seniman yang di remehkan dan hidup miskin selama hidupnya tapi begitu di puja dan karyanya menjadi salah satu yang termahal setelah mereka meninggal dunia. Tapi apapun itu, mereka telah menginspirasi para seniman generasi mendatang dan pantas mendapatkan penghargaan anumerta seperti sekarang.

Comments are closed.