Yukz Kenali Jenis-jenis Seni Merangkai Tanaman Hias dari Jepang

Yukz Kenali Jenis-jenis Seni Merangkai Tanaman Hias dari Jepang

Yukz Kenali Jenis-jenis Seni Merangkai Tanaman Hias dari Jepang

Yukz Kenali Jenis-jenis Seni Merangkai Tanaman Hias dari Jepang – Ikébana adalah seni merangkai bunga yang memanfaatkan berbagai jenis bunga, rumput-rumputan dan tanaman dengan tujuan untuk dinikmati keindahannya. Ikebana berasal dari Jepang tetapi telah meluas ke seluruh dunia. Dalam bahasa Jepang, Ikebana juga di kenal dengan istilah kadō (bunga; do, jalan kehidupan) yang lebih menekankan pada aspek seni untuk mencapai kesempurnaan dalam merangkai bunga.

Kalian mungkin sudah sering mendengar istilah Ikebana atau seni merangkai bunga, namun ternyata Jepang juga memiliki beberapa kesenian merangkai tanaman hias yang tak kalah unik.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa warga Jepang sangat menghargai alam, mereka berusaha merepresentasikannya sedekat mungkin dalam keseharian mereka. Seni merangkai tanaman hias sendiri merupakan bentuk ekspresi yang di tunjukkan untuk menghadirkan keindahan alam dalam suatu idnplay terbaru kesederhanaan.

1. Kusamono

Seni Merangkai Tanaman Hias dari Jepang, Yuk Kenali 5 Jenisnya!

Kusamono merupakan sekumpulan tanaman yang di tata dalam suatu pot atau wadah yang unik seperti pecahan keramik, batu berongga, maupun bilah kayu. Umumnya kusamono di perlihatkan sebagai fokus perhatian dalam pameran. Dalam suatu wadah, bisa terdiri dari satu jenis tanaman saja atau bermacam-macam.

Tanaman yang di gunakan untuk kusamono beragam mulai dari; lumut, rumput, bunga kecil, bambu, dan tanaman umbi. Dapat di katakan bahwa tatanan kusamono menunjukkan kesan suatu tempat atau musim, seperti padang rumput, rawa, atau pegunungan.

2. Shitakusa

Seni Merangkai Tanaman Hias dari Jepang, Yuk Kenali 5 Jenisnya!

Jika kusamono di perlihatkan sebagai fokus perhatian, sedikit berbeda dengan shitakusaShitakusa berfungsi sebagai tanaman pelengkap atau pendamping dari fokus utama pameran, bonsai atau suiseki (kesenian batu alam). Untuk peletakannya, shitakusa di pisahkan atau ditempatkan dalam wadah yang berbeda dengan fokus utama pameran. Tanaman yang di gunakan untuk shitakusa serupa dengan kusamono.

3. Kokedama

Seni Merangkai Tanaman Hias dari Jepang, Yuk Kenali 5 Jenisnya!

Kokedama atau bola lumut, merupakan bola tanah yang di tumbuhi lumut sebagai tempat tumbuh tanaman hias. Ide ini berasal dari praktik seni tanaman bonsai yang sudah berabad-abad lalu, yang akhirnya memunculkan tren tersendiri.

Bagi orang Jepang, kokedama merepresentasikan estetika wabi-sabi dan bentuk apresiasi mereka terhadap ketidaksempurnaan alam. Untuk peletakannya, kokedama dapat di tempatkan pada pot datar, bilah kayu, ataupun di gantung.

Sementara jenis tanaman yang cocok di kreasikan menjadi kokedama antara lain; anggrek, begonia, philodendron, pakis dan sukulen.

4. Nearai

Seni Merangkai Tanaman Hias dari Jepang, Yuk Kenali 5 Jenisnya!

Istilah nearai mungkin agak asing di luar Jepang. Nearai mengacu pada tanaman tunggal atau campuran beberapa tanaman yang di tanam dalam pot, yakni ketika tanaman sudah cukup kuat dan pot terasa penuh dengan akar, pot tersebut di buang, untuk kemudian di tampilkan dalam wadah datar. Tujuannya adalah untuk menunjukkan akar tanamannya, sehingga menimbulkan kesan lebih dramatis. Kusamono dan shitakusa juga dapat di kembangkan menjadi nearai.

5. Wabi-kusa

Seni Merangkai Tanaman Hias dari Jepang, Yuk Kenali 5 Jenisnya!

Wabi-kusa merupakan konsep pemajangan tanaman modern yang juga sering disebut mirip dengan aquascaping. Seni (Wabi-kusa) terbuat dari bola substrat yang ditutupi dengan tanaman yang tumbuh dalam bentuk terestrial. Bola substrat ini ditempatkan langsung ke dalam wadah kaca kecil berisi air dan dibiarkan tumbuh secara alami. Hampir semua tanaman akuarium dapat digunakan untuk wabi-kusa.

Nah, itu dia lima macam teknik dalam seni merangkai tanaman hias a la Jepang. Cocok sekali bagi kalian yang ingin menekuni hobi merawat tanaman.

Comments are closed.