Membuat Karya Seni Baik untuk Kesehatan Jiwa

Membuat Karya Seni Baik untuk Kesehatan Jiwa

Membuat Karya Seni Baik untuk Kesehatan Jiwa

Membuat Karya Seni Baik untuk Kesehatan Jiwa – Seni adalah keindahan akan sebuah unsur yang bertujuan positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan. Dalam kehidupan di alam mayapada, arti sebuah seni tak dapat di nilai hanya sebatas materi. Seni merupakan bentuk apresiasi diri dari ungkapan hati yang mengalir melalui goresan atau hembusan hela nafas sang penciptanya. Begitu dalam arti sebuah seni jika sekedar di pahami hanya setatap mata.

Karya seni gak sebatas lukisan atau pahatan-pahatan indah. Membuat film, mengaransemen lagu, menulis novel, dan menciptakan gerakan tari juga termasuk karya seni lho. Selain sebagai hobi dan kesibukan, membuat karya seni juga baik untuk kesehatan jiwamu. Adapun, alasannya sebagai berikut.

Menikmati karya seni membantumu untuk memahami diri sendiri

Selain sebagai media ekspresi, karya seni juga bisa menjadi media untuk wawas diri. Kamu bisa berkaca dan memahami diri sendiri dengan menikmati hasil karyamu. Beberapa contohnya seperti film, musik, atau lukisan. Kamu cukup menikmatinya dengan memutar atau melihatnya berulang-ulang.

Membuat karya seni membuat hidupmu berarti

Mungkin kamu pernah bertanya pada dirimu sendiri, apa gunanya kamu hidup di dunia ini. Mungkin juga kamu berpikir apa yang sudah kamu lakukan untuk dunia ini. Dengan membuat karya seni, kamu akan merasa bahwa hidupmu bermanfaat. Belum lagi jika karya senimu memiliki arti dan dapat dinikmati oleh orang lain. Kamu akan menghargai dirimu sendiri lebih lagi.

Seni juga memberikan arti kebebasan yang sebenarnya

Masalahmu mungkin banyak. Namun, membuat karya seni bisa jadi pelarian yang indah karena kamu bebas melakukan apa pun dan menjadi diri sendiri. Kamu bisa membuat kreasi di mana pun kamu mau. Meskipun kamu berada dalam ruangan tertutup, imajinasi dalam kepalamu bisa mengawang ke mana saja.

Seni bisa jadi media terapi untuk menangani depresi

Depresi terjadi dalam pikiran manusia. Peran seni sebagai terapi depresi adalah sebagai media ekspresi. Gak semua orang yang depresi bisa menyampaikan apa yang dirasakannya dengan kata-kata. Bisa jadi cara terbaik untuk mengekspresikan perasaannya dengan membuat karya seni. Kamu bisa melihat mahakarya yang tercipta dari tangan-tangan orang yang depresi, seperti Michelangelo, Hemingway, dan Dickens.

Karya seni menyatukan banyak orang. Kamu bisa bertemu banyak orang dan menjalin hubungan dengan mereka

Seni bisa jadi bahasa universal yang dipahami oleh banyak orang, meski berbeda bahasa. Dengan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki selera yang sama, secara gak langsung kamu akan saling berkomunikasi dan berbagi. Hal tersebut baik untuk memenuhi kebutuhan manusia sebagai makhluk sosial.

Karya seni gak mengenal kata salah. Dengan begitu, kamu bisa membangun kepercayaan dirimu

Kamu bisa membuat apa pun yang kamu mau. Gak perlu ragu karena gak ada karya seni yang salah. Kembangkan kreativitasmu seliar mungkin. Dengan begitu, perlahan-lahan kepercayaan dirimu akan tumbuh. Kamu cukup berpikir bahwa karya itu adalah darimu dan untukmu sendiri. Kamu gak perlu memedulikan apa kata orang lain selama itu gak mengganggu kehidupan mereka.

Comments are closed.