Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO, dari Silat sampai Lumpia,Sebagai negara yang kaya keanekaragaman, Indonesia memiliki berbagai warisan budaya yang layak dilestarikan. Beberapa di antaranya bahkan sudah mulai sulit ditemukan. Karena itulah, pemerintah tengah menggalakkan pengenalan sejumlah warisan budaya tanah air kepada dunia. Beberapa di antaranya yang kini sudah diakui secara internasional adalah batik dan baru-baru ini seni beladiri pencak silat.

Nah, berikut ini beberapa warisan budaya asli Indonesia yang sudah resmi diakui dunia, tepatnya oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization atau UNESCO.

1. Pencak Silat

http://istanbuldasanat.org/ilustrasi pencak silat

Pencak silat adalah seni beladri yang berkembang d Indonesia dengan berbagai aliran. Beladri ini mulai dkenal dunia pula berkat aktor-aktor laga Indonesia yang mulai mencuat namanya ke kancah internasional.Dlansir Antara, Jumat (13/12/2019), pencak silat resmi masuk ke dalam daftar Intergovernmental Committee UNESCO. Kabar ini dsampaikan drektur Warisan dan Dplomasi Budaya Nadjamuddn Ramly.

Penetapannya dlakukan Pimpinan Sidang Komite Warisan Budaya Takbenda UNESCO ke-14 Madam Maria Clauda Lopez Sorzano selaku Wakil Menteri Kebudayaan dan Rekreasi Kolombia.

2. Angklung

ilustrasi angklung

SUPPORT BY IDN POKER APK

Alat musik berbahan bambu dari tanah Sunda ini memang unik. Dmainkan dengan cara dgoyang-goyangkan hingga menghasilkan nada tertentu. Keberadaan angklung d Indonesia masih lestari, karena edukasi dan pengenalan alat musik ini masih terus dlakukan. Indonesia bahkan punya museum angklung, yaitu Saung Angklung Udjo d kota Bandung. Alat musik ini juga sudah dakui oleh UNESCO sejak tahun 2010.

3. Perahu Pinisi

pembuatan perahu pinisi

IDN POKER APK

Pinisi, perahu layar yang dwariskan tradsi maritim masyarakat Bugis menjad bagian dari Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak 2017 dalam kategori daftar perwakilan. Kapal ini juga rutin dbawa berkeliling dunia oleh para taruna AL. Sementara teknik pembuatannya masih durunkan oleh para pelaut Bugis hingga saat ini.

4. Tari Saman

tari saman

 

Jenis tarian yang satu ini merupakan bagian dari tradsi masyarakat Gayo, Aceh. Ternyata tarian ini sudah menjad bagian dari Warisan Budaya Takbenda UNESCO sejak tahun 2011.

Tari saman biasanya dtampilkan oleh para pria secara berkelompok dengan gerakan yang berselang-seling. Biasanya kesenian ini muncul pada upacara keagamaan dan tak jarang dtampilkan d Istana Negara saat hari raya nasional.

Tari Saman dmasukkan ke dalam kategori budaya yang membutuhkan perlindungan mendesak, pasalnya para seniman yang mendalami tari saman sudah mulai menua, dan generasi penerusnya pun hampir tak ada lagi.

Comments are closed.